Thursday, September 20, 2007

SYAUKANI DIBERHENTIKAN

Bupati Kutai Kertanegara Syaukani diberhentikan sementara melalui Keputusan Menteri Dalam Negeri yang ditandatangani Senin lalu (17/9). Syaukani diduga terlibat korupsi dalam pembebasan tanah pembangunan bandara Loa Kulu Rp 15 miliar.


JBNN, Jakarta:Bupati Kutai Kertanegara Syaukani diberhentikan sementara melalui Keputusan Menteri Dalam Negeri yang ditandatangani Senin lalu (17/9). Syaukani diduga terlibat korupsi dalam pembebasan tanah pembangunan bandara Loa Kulu Rp 15 miliar.

Sekretaris Ditjen Otonomi Daerah Achmad Zubaidi mengatakan perberhentian sementara ini untuk mempermudah proses hukum yang sedang dijalani Bupati Kutai Kartanegara. "Untuk mempermudah pemeriksaan dan mengikuti amanat UU," kata dia seusai menyerahkan surat keputusan penonaktifan kepada Asisten I Sekretaris Daerah Siachruddin di Kantor Depdagri Kamis (20/9).

Surat itu, kata dia, juga memerintahkan untuk sementara Wakil Bupati Kutai Kertanegara Samsuri Aspar menjadi pelaksana tugas Bupati. "Sementara tugas bupati akan dijalankan oleh wakilnya," kata dia. Proses ini, lanjut dia, tidak ada tekanan dari pihak lain. "Ini merupakan hal yang wajar seperti kepala daerah lainnya," kata dia.

Asisten I Sekretaris Daerah Siachruddin mengatakan pihaknya menerima surat keputusan itu dan akan segara menyerahkannya kepada wakil bupati. "Agar segera bisa menjalankan pemerintah dan tidak menghambat pelayanan publik," jelasnya. Nantinya, kata dia, tidak ada pelantikan kepada wakil bupati Kutai Kertanegara. "Kan hanya pemindahan tugas saja," kata dia.

Selain Syaukani, kata Zubaidi, hari ini Departemen Dalam Negeri (Depdagri) juga menyerahkan surat pengaktifan kembali wakil walikota Banjar Achmad Dimyati. "Tadi pagi kami juga menyerahkan surat pengaktifan kembali wakil walikota Banjar karena dalam proses pengadilan tidak terbukti bersalah," jelasnya. Wakil walikota Banjar dinonaktifkan terkait dugaan korupsi semasa menjabat Ketua DPRD Ciamis. (Sumber : Tempo Interaktif)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home